#sejarah

485,154 posts

Banyak yang tidak mengetahui awal mulanya popcorn dijadikan makanan wajib penonton bioskop. Padahal, jika melihat dari sejarahnya, popcorn justru jauh dari kebiasaan menonton bioskop. Bahkan, dulu tidak ada penonton yang menyantap popcorn atau makanan ringan lainnya ketika sedang menonton bioskop. Popcorn sendiri baru populer saat pertengahan 1800-an. Saat itu, penjual camilan berbahan dasar jagung pinggir jalan mulai ramai ketika mesin pembuatnya mulai ditemukan pada 1885 silam. Penemunya adalah Charles Cretor. Gerobak penjaja popcorn sendiri umumnya muncul di gelaran olahraga luar ruangan, sirkus, maupun pameran. Hingga akhirnya, pada tahun 1927 saat film mulai hadir dengan format audio visual, bioskop kemudian memperluas target penonton. Penerimaan bioskop kehadiran popcorn sendiri terjadi pada masa penurunan tingkat ekonomi di seluruh dunia yaitu tahun 1929. Depresi pun menggerus perekonomian negara industri dan juga negara berkembang. Di masa itulah banyak orang yang kesulitan mencari hiburan murah untuk mengalihkan perhatian mereka dari masa-masa sulit. Para penjual popcorn kemudian memanfaatkan situasi tersebut dengan berjualan di depan bioskop dengan harga yang cukup murah. Nah, berawal dari situlah bioskop mulai menyediakan popcorn. ~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Yuk di like❤️, comment💬, dan tag teman kalian yaa biar gak ketinggalan informasinya😊 🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽 ⚠️Jangan lupa FOLLOW @world_facts.id @world_facts.id @world_facts.id 🔼🔼🔼🔼🔼🔼🔼🔼🔼🔼 Sumber : google ~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~~~~~~~~~~ ©️contact us for credits or removal Tag : #faktadanmitos #faktadunia #faktaunik #fakta #unik #surabaya #jakarta #medan #l4l #followforlike #follows #f4f #f4follow #likeforfollow #instalike #likeforlikes #facts #indonesia #amazing #viral #trending #jogja #bali #informasi #kamuharustau #sains #IPA #pengetahuan #sejarah #info
Blitar, 19 April 2019 Dengan waktu yang tersisa, kami meluncur dari Makam Bung Karno ke Candi Panataran. Meskipun sudah menjelang sore, terik masih terasa. Ditambah drama bocah saat ke toilet (tak ingin kakinya yang penuh luka alergi tersentuh), saya sempat pesimis dapat menikmati objek wisata ini. Untunglah Pak Bos tanggap dan perhatian. Sebelum masuk ke komplek candi, beliau menawari anak-anak dan saya sendiri jajan es krim. Sejenak saya lupakan peran ibu dan turut berlaku seperti anak-anak, menyantap es krim dengan riang di pintu masuk candi. Setelah es krim di tangan habis, mulailah kami menjelajahi candi dengan energi baru. 😁 Menurut sumber pengetahuan sejarah kami (Ayah), Candi Panataran adalah peninggalan bersejarah dari 3 kerajaan secara turun temurun: Kadiri, Singosari, lalu Majapahit. Awalnya pada abad ke-12 Masehi, Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri membangun komplek percandian Hindu Siwa sebagai tempat pemujaan guna menangkal bahaya ancaman letusan Gunung Kelud yang sering terjadi. Pada abad ke-13, penguasa terakhir Kerajaan Singosari yaitu Raja Kertanegara mendirikan sebuah candi di kompleks ini dengan hiasan relief naga yang disangga sembilan orang sebagai lambang suryasengkala (Candi Naga). Pada awal abad ke-14, Raja Jayanegara, penguasa kedua Majapahit, meresmikan komplek candi ini sebagai candi negara dan menempatkan 2 arca Drawapala yang besar di pintu masuk candi. Pembangunan Candi diteruskan pula oleh Tribuana Tunggadewi pada tahun 1369-1375 yang mendirikan Candi Candra Sengkala dan pendopo teras untuk peristirahatan raja. Raja terakhir yang berkontribusi terhadap komplek percandian ini ialah Wikramawardhana, raja ke-5 Majapahit yang membangun kolam pada awal abad ke-15. Keseruan kami menjelajahi bangunan candi dan sekitarnya terpaksa terhenti ketika hujan mulai turun. Seiring dengan rintik yang semakin deras, kami pun bergegas kembali ke mobil yang diparkir dekat sekali dari pagar masuk komplek candi. Selamat tinggal, Candi Panataran. Terima kasih telah mengajak kami seolah berkelana dengan mesin waktu, menumbuhkan rasa cinta kepada para leluhur kami. 💟
Kita diliburkan dua hari, kita disuruh beristirahat dua hari, kita disuruh bersantai dua hari pada saat hari dimana kawan-kawan se-almamater kita direnggut nyawanya di dalam kampus yang katanya hijau ini. Kata hijau artinya indah, nyaman, elok, asri juga sejuk. Tapi, di tanggal 24 April 1996 dimana di dalam kampus hijau ini dimasuki oleh dua buah mobil tank, dimasuki oleh militer yang dengan bangganya memikul senjata untuk merenggut nyawa kawan-kawan se-almamater kita yang kemudian mengakibatkan pada hari itu hilangnya keindahan, hilangnya kenyamanan, hilangnya keelokan, hilangnya keasrian, juga hilangnya kesejukan dan diganti dengan tangisan kawan-kawan se-almamater kita di kiri kanan kampus, di sudut-sudut kampus. Dan secara tidak langsung kita dipaksa untuk melupakan sejarah kawan-kawan!! "Suatu bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa dengan sejarahnya" -Bung Karno- #Memaafkan Bukan Berarti Melupakan!! #Sejarah Yah Tetap Sejarah!! #Jangan Manipulasi Sejarah!! #April Makassar Berdarah (AMARAH)!!
ROXY (Dewi) merupakan gedung bioskop pertama yang hadir di Tegal. REX dibangun disebelah selatan Alun-alun Tegal sementara ROXY dibangun di sebelah utara alun-alun. Entah siapa lebih dulu yang beroperasi pada waktu itu, tidak ada catatan yang pasti. Namun demikian, kedua gedung bioskop tersebut diperkirakan sudah ada sejak tahun 1930an. Hal ini berdasarkan catatan sejarah perfilman Indonesia, bahwa pada tanggal 8 November 1934 di Batavia (Jakarta) diadakan pertemuan antara Persatuan Bioskop Hindia Belanda dengan Gabungan Importir Film (Bond Van Filmimporteurs) untuk membahas kerjasama dalam mengatur peredaran film-film yang akan diputar di bioskop-bioskop yang ada di wilayah Hindia Belanda. Data yang ada pada waktu itu tercatat ada sekitar 227 bioskop yang beroperasi di kota-kota wilayah Hindia Belanda, dan disitu tercatat TEGAL merupakan salah satu kota yang sudah ada gedung bioskopnya. . . . . . . . . . . #love #sejarah #instagramers #socialsteeze #socialism #photooftheday #like #amazing #smile #slawi #tegal #look #instalike #igers #picoftheday #food #instadaily #instafollow #brebes #girl #instagood #socialenvy #bestoftheday #instacool #carryme #follow #colorful #style #travelblogger #fff
SODARA MILLENIAL, DENGARKENLAH! “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” *********************************** Mungkin saat baru mencapai kemerdekaan, kalimat ini akan sulit dimengerti, bagaimana bisa melawan bangsa sendiri lebih sulit dari melawan penjajah. Bahkan kemungkinan melawan bangsa sendiri juga sepertinya adalah hal yang aneh. Namun, sejarah membuktikan bahwa hal seperti ini sangat mungkin terjadi. Lewat kata-katanya tersebut seolah ia mengajak bangsa Indonesia untuk waspada dan tetap berjuang bahkan setelah Indonesia sudah merdeka. Karena yang akan kita hadapi selanjutnya adalah saudara sebangsa sendiri. Lihat saja sekarang ini, perpecahan dan aksi kekerasan begitu biasa terjadi di berbagai daerah. Perbedaan yang dulunya tetap menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia yang unik dan beragam, sekarang ini seolah justru menjadi sumbu-sumbu perpecahan yang siap diletupkan oleh para provokator, bahkan dengan isu agama dengan mudahnya kita pecah. . Apakah kita tetap bisa bersatu jika kita bisa dengan begitu mudah terprovokasi dan ditunggangi oleh mereka yang memiliki kepentingan pribadi? . Curhatan #Admin . Follow terus @matahatipemuda . . . . . . . . . . . . . . . . #soekarno #bungkarno #sukarno #sukarnois #irsoekarno #IrSukarno #gombloh #sejarahnusantara #sejarahindonesia #sejarah #sejarahdunia #history #2019gantipresiden #2019tetapjokowi #jokowidodo #prabowosubianto #tempoedoeloe #videoviral #videosejarah #jokowimaruf #prabowosandi #kampanye #indonesia
Dadi kacang ojo lali kulite Dadi menungso ojo lali marang asal usule Demen nguri - uri budayane Lan mikul duwur marang leluhure #jawa #jayaingjiwa #sejarah #leluhur #adat #budaya #budayanusantara #nguri - uribudayabusantara#filsafatcinta #falsafahjawa #nuswantoro #nuswantorojoyobinangun #tiyangjawi #kejawenmurni #sinaubareng #mbahnun #emhaainunnajib
Puji syukur kehadirat Tuhan. Alhamdulillah Instagram @matahatipemuda pulih kembali. Sudah normal bisa posting kembali. Semoga tidak terulang lagi. Jika anda yang tidak setuju dengan postingan saya. DM saja, please jangan asal melaporkan ke pusat. TUMAN😊😘 ******************************** Baca baca baca dan baca !!! . Sejarah merupakan aset kita untuk masa depan. Dan sejarah itu luas sekali. . Terutama terhadap satu tokoh seperti Soekarno yang tak akam pernah usai untuk dibahas. . Sukarno bukan hanya tentang PKI nya Sukarno bukan hanya tentang G30 S yang menimpanya Sukarno bukan hanya tentang Marhaennya Sukarno bukan hanya tentang Nasionalismenya Sukarno bukan hanya tentang NASAKOM nya Sukarno bukan hanya tentang sang proklamator Sukarno bukan hanya tentang presiden pertama yang gagah berani berwibawa Soekarno bukan hanya tentang penjajahan Belanda Sukarno bukan hanya tentang penjajahan Jepang Sukarno bukan hanya tentang yang menemukan makam Imam bukhari Sukarno bukan hanya tentang persahabatannya dengan Kennedy Sukarno bukan hanya tentang beliau yang dikudeta oleh Soeharto Sukarno bukan hanya tentang beliau yang dipenjara diakhir hidupnya Sukarno bukan hanya tentang beliau yang dirawat oleh dokter sakit hewan di wisma yoso Dan banyak yang lainnya 😢 . Wahai pemuda pemudi Indonesia, REVOLUSIMU belum selesai. Maka aku titipkan perjuanganku selanjutnya untukmu dan anak turunmu. . Maka perbanyaklah baca sejarah Bung !!! . . 🎥Sukarno dan tentara Jepang. . 🎶 Oentoek PJM Presiden Soekarno - Lilis Surjani . TAG @presidensukarno . Suka dengan akun kami ? Jangan lupa tag teman-teman kamu. Jika tidak keberatan, mohon promote akun ini supaya akan ada banyak orang lagi yang bisa belajar sejarah. TERIMAKASIH. . . Follow terus @matahatipemuda @matahatipemuda @matahatipemuda . #Matahatipemuda #Matahatisantri #matahatijiwa #Soekarno #sukarno #BungKarno #humanlife #humanity #presidenjokowi #prabowo #poster #history #historychannel #sejarah #sejarahindonesia #sejarahdunia #ig_nature #followme #jepang #banzai4me #soeharto #videoviral #videosejarah
Seorang Iwan Fals yang terkenal dengan kritik-kritik pedasnya dalam lagu, tak kuasa menahan tangisnya ketika mengunjungi makam Bung Karno. Dari sini lah kemudian dia terinspirasi menciptakan lagu. Suatu ketika, Iwan begitu ingin berkunjung ke makam mantan Presiden pertama RI ini. Keinginan Iwan untuk berkunjung ke makam Bung Karno, karena melihat negara Indonesia sekarang ini. Nah, saat a kunjungan ke makam sang proklamator, Iwan Fals pun mengaku menangis setelah "berbincang" dengan ayah Megawati ini. "Saya ziarah ke makam bung karno saya minta maaf karena saya cengeng dan ganggu istirahat dia. Tapi mau gimana lagi, kenyataan negara kita memang seperti ini.Ya semacam dialog saja saya dengan beliau," ujar pelantun Umar Bakrie tersebut. Iwan Fals juga mengaku bahwa buku-buku yang ditulis Bung Karno sangat menggelegar dan heroik.  Iwan Fals berharap agar generasi sekarang sering merenungkan lagi apa yang Bung Karno pernah katakan dulu. Menurut Iwan, kata-kata Bung Karno bisa menjadi inspirasi Pemimpin bangsa sekarang. "Kalau Bung Karno berpidato pasti semangat. Setiap pemimpin itu punya zaman yang beda. Masalah yang dihadapi tiap Presiden juga berbeda-beda. Tapi Bung Karno harus menjadi inspirasi bagi presiden kita saat ini,"papar Iwan Fals. Apa oleh-olehnya dari makam Bung Karno? Iwan Fals mengaku mendapat inspirasi saat membuat sebuah lagu, setelah berkunjung ke makam mantan Presiden Indonesia pertama, Bung Karno. "Lagu judulnya Negeri Kaya. Lagu Ini hasil akhir perenungan saya ke beberapa kota kemarin. Saya Ziarah ke blitar, melihat ke kenyataan jalanan dan sekitarnya.Negeri ini kaya tapi kok banyak yang belum sejahtera. Ini lagu paling baru jadi belum ada direkaman,"ucap Iwan Fals, di kampus Paramadina, Rabu (18/8/2010) . . Follow terus @mirza_fals . . . #soekarno #sukarno #BungKarno #irsukarno #irsoekarno #sejarah #soekarnois #gbk #videosejarah #iwanfals #oi #falsmania #falsday #slank #slanker
Dokumenter wawancara Presiden Ir. Sukarno di bulan Desember 1965 oleh wartawan Amerika. Dimana Presiden Ir. Sukarno menceritakan pengalaman Bangsa Indonesia di bawah Imprealisme Belanda. Bung Karno juga mengatakan ia akan terus berjuang melawan Imprealisme (sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar). . Di dalam wawancara ini, Bung Karno secara tidak langsung menentang negara-negara Barat yang tetap menerapkan sistem Imprealisme saat itu. . . #sejarah #sejarahindonesia #history #soekarno #presidensoekarno #bungkarno #presidenindonesia #putrasangfajar #proklamator #bangsa #rakyat #rakyatindonesia #bangsaindonesia #sumatera #jawa #bali #nusatenggara #kalimantan #sulawesi #maluku #papua #indonesiaraya #indonesiamerdeka #imprealisme #indonesia #albumsejarah
Diantara pejuang syuhada kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah ulama yang mempunyai kedudukan mulia disisiNya ( Maqom wali, min Auliya illah ). . . Habib Lutfi mengidentifikasi makam-makam kuno sebagai makam wali melalui mimpi dan visi spiritualnya telah berjalan lama. “Beliau sudah banyak membangun kuburan kuno yang sebelumnya tidak dikenali dan mengidentifikasinya dengan identitas baru di berbagai tempat di Jawa, Kalimantan, Batam, dan daerah lainnya,” Habib Ismail Fajrie Alatas, Ph.D., asisten profesor di Universitas New York, Amerika Serikat.yang lahir di semarang. Penemuan kuburan kuno yang diidentifikasi sebagai makam Habib Ahmad bin Aqil al-Munawwar, seorang wali penyebar Islam yang sebelumnya tidak dikenal bahkan oleh masyarakat sekitar sendiri. Sosok ini diyakini sebagai guru dari ulama besar Muhammad Soleh bin Umar As-Shamarani atau terkenal dengan nama Kiai Soleh Darat Semarang.Kiai Soleh Darat (1830-1903 M) adalah guru dari dua ulama besar pendiri Nahdatul Ulama (NU), K.H. Hasyim Asyari, dan pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan. Bermula pada November 2016silam, Habib Lutfi berziarah ke makam K.H. Ahmad Badawi di Kaliwungu. Saat memasuki kompleks pemakaman umum Jagalan menuju makam K.H. Ahmad Badawi, tiba-tiba Habib Lutfimendapatkan visi spiritual di salah satu makam tua. Usai berdoa cukup lama,Habib Lutfi bercerita bahwa itu adalah makam ulama besar, Habib Ahmad bin Aqil al-Munawwar.Habib lalu memerintahkan masyarakat membangun kubah di atasnya dan melembagakan tradisi haul di tempat itu. Jadi admin menafsirkan dawuh beliau dengan disertai kata, " Mungkin...."ini sebuah isyaroh. Tugas kita mengikuti jejak beliau2 merawat NKRI terxinta ini. Wallohu alam bishowab. Alfaatihah اللهمَّ صلِّ على سيِّدنا محمَّد وعلى آلِ سيِّدنا محمَّد #sejarah #sejarahindonesia #sejarahislam #ziarahkubur #ziarah #waliyullah #pejuangnkri #syuhada #kemerdekaanindonesia #NAHDLATULULAMA #NUOnline #alanu #kendal #kaliwungu #semarang #HabibLuthfi #HabibLuthfibinYahya #ulamanusantara #islamnusantara #NKRIHARGAMATI
#Repost @kitasembuluh (@get_repost ) ・・・ Di danau sembuluh selain sunset nya yang indah dan danau nya yang besar. Kamu juga bisa menemukan langsung bukti sejarah , tepat di desa sembuluh 1 terdapat meriam peninggalan masa penjajahan belanda , Mungkin tidak ada yang tahu berapa tepat umur meriam ini karna katanya sudah sangat lama berada di sembuluh . Yang lebih menarik di desa sembuluh sendiri banyak cerita tentang asal usul meriam ini , dan yang sangat luar biasanya walau pun meriam ini peninggalan masa penjajahan belanda dan tidak ada yang tau berapa sudah umurnya namun meriam ini masih sangat baik dan masih bisa di gunakan(di tembakan) . Orang sembuluh sendiri sering menggunakan nya (bukan buat nembak musuh) tapi di hidupkan hanya kalau ada acara-acara besar kampung atau pun ada orang yang menunaikan hajat nya . Dan kalau meriam ini sudah di hidup kan satu kampung pun bisa mendengar suara nya. . Udah pada pernah liat Langsung belum?? .. .#danausembuluh #sembuluh1 #seruyanhitz #seruyan #seruyanpunya #seruyanstyle #kalteng #sejarah #love #InstaTags4Likes #tweegram #photooftheday #amazing
Hasta Mitra Reborn!! Memoar Oei Tjoe Tat, sebuah memoar pejuang nasionalis keturunan Tinghoa yang menandai comeback penerbit lawas yang telah lama tumbang. . . KATEGORI: #Sejarah #Biografi . . Harga 175.000 SELALU DISKON DI MEDPOINT #bukumurah #bukumurahbanget #bukubagus #bukubestseller #bukumurahjogja
Sambutan Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc.Agr. selaku Ketua LPPM Universitas Brawijaya dalam Seminar Nasional Keris Nusantara di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya pada Senin Pon, 15 Oktober 2018. #PSPUB #PusatStudiPeradaban #LPPMUB #UniversitasBrawijaya #SemNas #SeminarNasional #Keris #Nusantara #KerisIndonesia #Indonesia #BudayaNusantara #BudayaIndonesia #KerisUnesco #BanggaIndonesia #Teknologi #Islam #Sains #Sejarah #Seni #UstadzSalimAFillah #UnggulSudrajat #Kemendikbud #GusNas #Imogiri #DjokoHSantjojo #FMIPAUB #ASMATUB
Pemilu pertama di Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tanggal 29 September 1955. Tahap pertama adalah Pemilu untuk memilih anggota DPR, diikuti oleh 29 partai politik dan individu.Tahap ke-dua adalah Pemilu untuk memilih anggota Konstituante. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1955. . Terlihat di film dokumenter, mulai dari pengesahan Pemilu 1955 oleh Presiden, percetakan surat suara dan bilik suara, serta proses pemilu berlangsung. Tampak juga Presiden Ir. Sukarno dan Wapres Moh. Hatta mengantri dalam pencoblosan surat suara bersama Rakyat. . Selamat berpesta Demokrasi Rakyat Indonesia! Tentukan hak pilih suaramu dengan baik hari ini! 🙏😉 . Sumber : Arsip Nas RI . . #sejarah #sejarahindonesia #history #presiden #wapres #sukarno #soekarno #bungkarno #mohhatta #bunghatta #pemilu2019 #pemilu1955 #pemilupresiden #pemiludamai #sumatera #jawa #bali #nusatenggara #kalimantan #sulawesi #maluku #papua #indonesia #pemiluindonesia #indonesiamerdeka #indonesiaraya #albumsejarah
Latepost . ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞ 😍😍😍 . mari yuk kita belajar & sharing bersama 🙋 . Channel YouTube 🔎 search name seller kaktus . add ig jualan : @seller_kaktus . tokopedia : https://www.tokopedia.com/cactus-garden?nref=shphead . bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/nurachmad_12?from=dropdown . shopee : https://seller.shopee.co.id/portal/product/list/all . langsung aja call... . bisa juga langsung chat aja whatsapp pribadi 082297293767 . #kerja #kerjo #quotes #motivasihidup #motivasi #kritik #saran #gajian #uang #bahagia #apaaja #berkah #banyak #gaji #pagi #sore #malam #model #jongkok #painting #maskerwajah #pabriksepatu #seru #kangen #sejarah #tempa #mental #jiwa #nusatic
Latepost . ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞ 😍😍😍 . mari yuk kita belajar & sharing bersama 🙋 . Channel YouTube 🔎 search name seller kaktus . add ig jualan : @seller_kaktus . tokopedia : https://www.tokopedia.com/cactus-garden?nref=shphead . bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/nurachmad_12?from=dropdown . shopee : https://seller.shopee.co.id/portal/product/list/all . langsung aja call... . bisa juga langsung chat aja whatsapp pribadi 082297293767 . #kerja #kerjo #quotes #motivasihidup #motivasi #kritik #saran #gajian #uang #bahagia #apaaja #berkah #banyak #gaji #pagi #sore #malam #model #jongkok #painting #maskerwajah #pabriksepatu #seru #kangen #sejarah #tempa #mental #jiwa #nusatic
Di pagar depan rumah ini tertulis 'Rumah Sejarah Muhammadiyah'. Sebagian gentingnya hilang, kulit temboknya beberapa bagian terlihat mengelupas, warna catnya kusam menua, dan wujudnya secara umum menyeramkan. Hanya ilalang yang tumbuh subur di sekelilingnya. Seolah dialah pemilik jawaban atas penasaran-penasaran akan sejarah. Maka jika kau tanya tentang atap yang pernah mengayomi pergerakan di sana, tanyalah pada rumput yang bergoyang. Oh iya, meskipun menyeramkan, di depan rumah itu masih terlihat beberapa bendera yang selalu menari saat angin bertiup. Yah, itu saja yg terlihat menggembirakan..... - - - #saatsenja #muhammadiyah #sejarah
TOKO MAKRATA kini hadir di aplikasi SHOPEE...segera cek dan kunjungi...mungkin ada yang anda cari...trims #majalah #buku #fotografi #fashion #seni #budaya #politik #sejarah #shopee
Latepost . ۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞ 😍😍😍 . mari yuk kita belajar & sharing bersama 🙋 . Channel YouTube 🔎 search name seller kaktus . add ig jualan : @seller_kaktus . tokopedia : https://www.tokopedia.com/cactus-garden?nref=shphead . bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/nurachmad_12?from=dropdown . shopee : https://seller.shopee.co.id/portal/product/list/all . langsung aja call... . bisa juga langsung chat aja whatsapp pribadi 082297293767 . #kerja #kerjo #quotes #motivasihidup #motivasi #kritik #saran #gajian #uang #bahagia #apaaja #berkah #banyak #gaji #pagi #sore #malam #model #jongkok #painting #maskerwajah #pabriksepatu #seru #kangen #sejarah #tempa #mental #jiwa #nusatic
load more posts